Aplikasi CDI buat Vespa super 1976
Bermula iseng-iseng pelajarin cara kerja CDI,soalnya gw punya vespa super taun 76..tau sendiri deh pengapiannya masih platina..,,pengen rubah pake CDI vespa taun muda..nanya-nanya m juragan harganya mahal bangat bro n banyak perangkat yang diganti.
Akhirnya gw kepikiran gimana caranya pake perangkat CDI jepang aja (motor jepang maksudnya.. ) tapi ga banyak yang diganti n gak mahal.gw mulai deh experimen..itung-itung belajar.
Pertama dimulai mau pake cdi apa..??lansung kepikiran deh pake CDI RX bis dah obsesi bangat biyar larinya kayak RX king.. hahaha..
Yang dibutuhin suplay dulu donk yang pasti,, alias spul CDI..gimana caranya??
Namanya mau ngirit gw made in sendiri aja deh.. ,langsung aja keren spul platina gw rombak gulungannya gw copotin trus kerennya gw kurangin jadi 4 lembar aja.biyar gak bingung ngitungin berapa gulungan buat spul CDI n berapa ukuran kawatnya gw pake kawat spul CDI vespa PX aja yang gw hijrahin kekeren vespa super..gw saranin kalo buat agan-agan yang mau nyoba minta tulung tukang gulung spul aja buat gulung spul CDInya.
Sekarang tinggal pulsernya deh.., gw pake pulser punya Rxking yang gw taro persis di samping spul CDI tempat platina asal.
Tinggal pasang semuanya, kabel CDI Rxking menurut jalurnya
Lumayan gan dah gw coba dijalan n dah buat turing kemana-mana gak masalah
Tapi namanya manusia masih aja kurang..hehehe..ujungnya masih kurang dapet..n busi ga mau renggang.
Gw kepikiran lagi gimana kalo gw pake CDI yamaha F1Z soalnya gw baru dapet CDI F1Z dilapakan lumayan murah gan..hehe .lagi-lagi ngirit.
Kali ni gw pake pulser luar alias masangnya diluar magnet,ga kayak pulser Rxking yang masangnya didalem magnet.
Gw pake pulser karisma karena adanya cuma itu hehe..itu juga dapet sumbangan dari sob..
Pulser karisma gw pasang pake breket yang gw tempel dibaut dudukan coil menghadap keluar..krangkas terpaksa dicoak buat tempat pulser.
Magnet perlu sedikit dipermak sob..bibir magnet gw bubut kira -+4x15mm buat dudukan pickup.
pickupnya gw bikin dari plat strip panjangnya kira-kira 57,5mm yang gw tempel di bibir magnet yang gw bubut td pake baut 8mm,yang kuat ya bro kalo perlu campur lem sekalian biar ga lepas waktu digeber.
wah-wah dah mulai serius neh..lanjut..
Spul CDInya tetep gw pake yang pertama, buat awal titiknya gw bikin 5derajat dulu sebelum TMA biar gak nendang waktu diselah. selanjutnya tinggal setting aja gimana enaknya sob, gw saranin dikit-dikit nambahinnya.biyar betis ga bengkak kena sela hehe..
Lumayan enak bro tarikannya lebih enteng,busi juga dah mau renggang n lincah dijalan..idupnya juga tokcer...
Gw dah coba juga pake CDI Rxking ternyata ga ngurangin rasa masih tetep enak..maknyus..hehehe
gan pas pake pulser rx-king pickup y dimana yak???
ReplyDeletethanks sebelumnya
;D
coba pake cdi rc bro......
ReplyDeletemurah meriah... ga perlu pulser... api gede...
praktis...hehe
@dedi spm..kalo pake pulser rxking ga perlu pikup gan tinggal taruh aja pas didudukan platina
ReplyDelete@arwan dah pernah coba bro..apinya ngacak susah diatur..tanx..
vespa px ane baru aja di konversi dari platina ke CDI tapi hasilnya ga memuaskan seperti apa yg digambarkan orang lain tentang CDI,... mesin ane terasa "brebet" jalannya, apalagi pada setiap tarikan awal setelah pindah gigi, apa solusi untuk masalah ini...
ReplyDeletethx info segarnya bozz..
sama gan punya saya juga
DeleteeiGh@pake CDI pa bro???
ReplyDeletemantaf man
ReplyDeletehalo kang edi , aku pingin nyoba knalpotnya dong , klo bikin kena biaya brp yah ?
ReplyDeleteapakah ada no hp yang bisa di hubungi ?
terima kasih .
maaf om knalpot nempel di motor :-) saya cuma modif knalpot racing biasa di tukang knalpot om
Deletelilitan nya buat CDI pake berapa mili kabel email nya...?
ReplyDeleteuntuk lebih mudahnya minta jasa tukang gulung spul yang biasa gulung spul untuk cdi motor
Deletemerubah vespa jadi pengapian DC bisa ngga yah???
ReplyDeletebisa om,
DeleteKang,kalo CDI vespa di ganti sma CDI shogun kebo bsa gak sie ?? or ngga gambaran nya gini deh,Cdi vespa bsa dganti ngga sma CDI" mtor lain ??
ReplyDeletemohon info nya,coz sya msih pemula..
bisa bisa aja,asal ukuran pickupnya disesuikan dengan standar cdi shogun kebo..lebih simple aplikasi magnet standar shogun kebo
DeleteTolong di share caranya, punya vespa pake cdi rx king mau saya ganti pake cdi shogun yg DC
Deletesama persis om ma yg saya terapin pake pulser luar tinggal sesuain pickupnya dengan cdi sogun
DeleteSaya sudah memakai cdi shogun kebo min. Dan memakai pulser fiz'r tapi motor belum sempurna. Mesin jadi getar. Mohon pencerahan min??
Deletebro dulu saya sempet ganti di PX tapi efek nya Spul nya kebakar terus, itu kenapa ya?
ReplyDeletemungkin kawat lilitannya kurang om
DeletePosisi dimane bro edi? mao minta ilmunye nih sambil ngopi ngopi hehehe. kalo bisa si minta nomer hp ->farhan.majied@yahoo.com
ReplyDeletethanks
posisi saya deket ui depok om..mau ngopi bareng silahkan om..saya cuma user yg kebetulan punya vespa..tau cuma sekedarnya aja :-)
ReplyDeletekalo buat vespa pts gmn bro?
ReplyDeleteMaaf om..ikut nimbrung..saya udah aplikasi CDI tambah Pulser Rx-King..
ReplyDeletemesin mau hidup..tapi di tarik gas dia gak mau..malah mmmbbebebbb..
apanya ya om..??
bs dari kabel + spul pengapiannya kebalik om
DeleteCoba di geser tapak spulnya
DeleteSedikit demi sedikit sampe ketemu settingan yang pas.
Biasanya klo susah hidup settingannya terlalu mundur bos
Trus kalau ketinggian biasanya motornya bisa jalan mundur.
Gitulah kira kira dri saya.
Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan
ooh makasih infonya om..
ReplyDeletekalau boleh , mnta nmr hp ya..?
pin bbm aja om 759D4DC6
Deletewaduuh gk punya om pin bb nya..
Deleteni nmr saya om 087879424344
sms aja om..mohon maaf ya.
numpang tanya gan..perbedaanya enakkan mana pake platina or CDI...?
ReplyDeletesoalnya ane pke vespa super jg, tp msh platina, klo mesin dingin susah hidupnya...mohon solusinya?Tanks
dua duanya da kelebihan dan kekurangan om
Deletekalo masalh mesin dingin susah hidup bs dari karbu terlalu kering/irit
bro'..mohon info nya,.
ReplyDeletekl pulser itu apa yah'..bentuk nya seperti apa, hrs di gulung sendiri atao beli di toko dan merk apa yg cocok utk vespa super as kecil,..
bisa step by step penjelasannya, biar yg awam bs mengerti?...
thank's
untuk lebih ringkasnya..pulser adalah yg mengirim perintah ke cdi yg kemudian diteruskan ke coil untuk memeltikan api busi.
DeleteBang edi minta nomer Wa nya dong?? Bang edi punya bengkek vespa?
Deleteminta nomer hape ya mas!
ReplyDeleteVespaku emang udah cdi tp apinya nggak nyampai ke busi gimana solusinya
ReplyDeletecoba satu" om..brawal dari spul cdi keluar listrik atau ngga lanjut ke cdi trus ke koil
DeleteWow super sekali informasinya . keren mas . kalo menurut mas cdi paling enak pake cdi apa ya mas ?
ReplyDeletekalo bs pake cdi yg unlimiter om..lebih enak
Deletemau tanya dong bang, itu masang cdi nya buat dudukan lagi?
ReplyDeletemaksudnya apanya om..spul,pulser ato cdi
Deletemasang CDI yang deket shok dibikin dudukan baru?
Deleteoh..ia om itu cuma ditambah lubang aja 1 buat baut..karna itu pake cdi f1
Deletemaaf om kalo npasang pulsher begitu jatohnya merusak krengkes/krengkes menjadi cacat, jadi lebih baik krengkesnya yang buat dudukan cdi bawahnya dibor kearah kipas dan tinggal dibaut 8 aja
ReplyDeletemakasih :)
ia om..tergantung selera masing" aja :-),kalo buat saya itu ga cacat malah mempermudah saya buat setting pickup untuk pergantian cdi yg lain
DeleteOm edi mau taya donk.. Pasang pulser y di luar kipas apah di dalem kipas lebih bagus mana?? Cara rangkay kabel y gmn om ?
ReplyDeleteOM mau naya nee, vespa aq PX 150 massi.platina tp d.robah menjadi SDI tp.mslahnx smpai.skrang,, kalu motor udah panas lanhsung mati sendri seperti minyak habiss., it ap mslahnx.tolong donk
ReplyDeletemisi om numpang tanya vespa saya sprint 72 , saya ganti sistem pengapianya ke cdi trs spul uda saya gulungkan cdi ud ready cdi RC. trs langkah apa saja yg perlu saya siapkan lagi om , mohon saran dan masukanya , makasi salam mesin kanan dari SURABAYA.
ReplyDeleteKang saya punya vespa sprint mau mengubah pengapian dari platina ke cdi vespa excel gimana ,,,,,tolong info nya
ReplyDeleteBang punya ane udah pake cdi grand tapi RPM atas malah turun si gimana ya mahnet udah ane ganti pake vega
ReplyDeleteGan tebal plat buat strip pulsernya brapa?
ReplyDeleteMemasang cdi rxk di vespa excel tanpa mengganti pulser baru punya rxk bisa gak gan?? Mohon pencerahannya
ReplyDeleteMas mau nanya kalo pakek cdi rc 100 efek ny gimana ya mas
ReplyDeleteMas kalo tahanan spul cuma 300 gmn?
ReplyDeleteKalo dari spul platina dirubah pake pulser , tapi pulsernya punya vega r lama gimana tuh , dinatas kipas bisa gak di pasangnya ????
ReplyDeleteOm ukuran kwat email ny brp... Klo untuk cdi rc
ReplyDeleteMalem om....
ReplyDeleteOm..kalau di upgrade paket CDI + pulser RX king...
Magnet nya paket bawaan std Vespa...apakah pengaruh terhadap api yg keluar menuju busi...
Bila apinya keluar kecil...
Saya udahcoba upgrade spulll api nya,tapi masih kecil strum kluar nya...
Mohon pencerahan nya...?
Terima...kasih.