Thursday 10 February 2011

CDI buat vespa

Aplikasi CDI buat Vespa super 1976

Bermula iseng-iseng pelajarin cara kerja CDI,soalnya gw punya vespa super taun 76..tau sendiri deh pengapiannya masih platina..,,pengen rubah pake CDI vespa taun muda..nanya-nanya m juragan harganya mahal bangat bro n banyak perangkat yang diganti.

Akhirnya gw kepikiran gimana caranya pake perangkat CDI jepang aja (motor jepang maksudnya.. ) tapi ga banyak yang diganti n gak mahal.gw mulai deh experimen..itung-itung belajar.

Pertama dimulai mau pake cdi apa..??lansung kepikiran deh pake CDI RX bis dah obsesi bangat biyar larinya kayak RX king.. hahaha..

Yang dibutuhin suplay dulu donk yang pasti,, alias spul CDI..gimana caranya??

Namanya mau ngirit gw made in sendiri aja deh.. ,langsung aja keren spul platina gw rombak gulungannya gw copotin trus kerennya gw kurangin jadi 4 lembar aja.biyar gak bingung ngitungin berapa gulungan buat spul CDI n berapa ukuran kawatnya gw pake kawat spul CDI vespa PX aja yang gw hijrahin kekeren vespa super..gw saranin kalo buat agan-agan yang mau nyoba minta tulung tukang gulung spul aja buat gulung spul CDInya.

Sekarang tinggal pulsernya deh.., gw pake pulser punya Rxking yang gw taro persis di samping spul CDI tempat platina asal.


Tinggal pasang semuanya, kabel CDI Rxking menurut jalurnya

Lumayan gan dah gw coba dijalan n dah buat turing kemana-mana gak masalah

Tapi namanya manusia masih aja kurang..hehehe..ujungnya masih kurang dapet..n busi ga mau renggang.

Gw kepikiran lagi gimana kalo gw pake CDI yamaha F1Z soalnya gw baru dapet CDI F1Z dilapakan lumayan murah gan..hehe .lagi-lagi ngirit.

Kali ni gw pake pulser luar alias masangnya diluar magnet,ga kayak pulser Rxking yang masangnya didalem magnet.

Gw pake pulser karisma karena adanya cuma itu hehe..itu juga dapet sumbangan dari sob..

Pulser karisma gw pasang pake breket yang gw tempel dibaut dudukan coil menghadap keluar..krangkas terpaksa dicoak buat tempat pulser.

Magnet perlu sedikit dipermak sob..bibir magnet gw bubut kira -+4x15mm buat dudukan pickup.

pickupnya gw bikin dari plat strip panjangnya kira-kira 57,5mm yang gw tempel di bibir magnet yang gw bubut td pake baut 8mm,yang kuat ya bro kalo perlu campur lem sekalian biar ga lepas waktu digeber.

wah-wah dah mulai serius neh..lanjut..

Spul CDInya tetep gw pake yang pertama, buat awal titiknya gw bikin 5derajat dulu sebelum TMA biar gak nendang waktu diselah. selanjutnya tinggal setting aja gimana enaknya sob, gw saranin dikit-dikit nambahinnya.biyar betis ga bengkak kena sela hehe..


Lumayan enak bro tarikannya lebih enteng,busi juga dah mau renggang n lincah dijalan..idupnya juga tokcer...

Gw dah coba juga pake CDI Rxking ternyata ga ngurangin rasa masih tetep enak..maknyus..hehehe

57 comments:

  1. gan pas pake pulser rx-king pickup y dimana yak???

    thanks sebelumnya

    ;D

    ReplyDelete
  2. coba pake cdi rc bro......
    murah meriah... ga perlu pulser... api gede...
    praktis...hehe

    ReplyDelete
  3. @dedi spm..kalo pake pulser rxking ga perlu pikup gan tinggal taruh aja pas didudukan platina
    @arwan dah pernah coba bro..apinya ngacak susah diatur..tanx..

    ReplyDelete
  4. vespa px ane baru aja di konversi dari platina ke CDI tapi hasilnya ga memuaskan seperti apa yg digambarkan orang lain tentang CDI,... mesin ane terasa "brebet" jalannya, apalagi pada setiap tarikan awal setelah pindah gigi, apa solusi untuk masalah ini...

    thx info segarnya bozz..

    ReplyDelete
  5. halo kang edi , aku pingin nyoba knalpotnya dong , klo bikin kena biaya brp yah ?
    apakah ada no hp yang bisa di hubungi ?
    terima kasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf om knalpot nempel di motor :-) saya cuma modif knalpot racing biasa di tukang knalpot om

      Delete
  6. lilitan nya buat CDI pake berapa mili kabel email nya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lebih mudahnya minta jasa tukang gulung spul yang biasa gulung spul untuk cdi motor

      Delete
  7. merubah vespa jadi pengapian DC bisa ngga yah???

    ReplyDelete
  8. Kang,kalo CDI vespa di ganti sma CDI shogun kebo bsa gak sie ?? or ngga gambaran nya gini deh,Cdi vespa bsa dganti ngga sma CDI" mtor lain ??
    mohon info nya,coz sya msih pemula..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bisa aja,asal ukuran pickupnya disesuikan dengan standar cdi shogun kebo..lebih simple aplikasi magnet standar shogun kebo

      Delete
    2. Tolong di share caranya, punya vespa pake cdi rx king mau saya ganti pake cdi shogun yg DC

      Delete
    3. sama persis om ma yg saya terapin pake pulser luar tinggal sesuain pickupnya dengan cdi sogun

      Delete
    4. Saya sudah memakai cdi shogun kebo min. Dan memakai pulser fiz'r tapi motor belum sempurna. Mesin jadi getar. Mohon pencerahan min??

      Delete
  9. bro dulu saya sempet ganti di PX tapi efek nya Spul nya kebakar terus, itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  10. Posisi dimane bro edi? mao minta ilmunye nih sambil ngopi ngopi hehehe. kalo bisa si minta nomer hp ->farhan.majied@yahoo.com
    thanks

    ReplyDelete
  11. posisi saya deket ui depok om..mau ngopi bareng silahkan om..saya cuma user yg kebetulan punya vespa..tau cuma sekedarnya aja :-)

    ReplyDelete
  12. kalo buat vespa pts gmn bro?

    ReplyDelete
  13. Maaf om..ikut nimbrung..saya udah aplikasi CDI tambah Pulser Rx-King..
    mesin mau hidup..tapi di tarik gas dia gak mau..malah mmmbbebebbb..
    apanya ya om..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bs dari kabel + spul pengapiannya kebalik om

      Delete
    2. Coba di geser tapak spulnya
      Sedikit demi sedikit sampe ketemu settingan yang pas.
      Biasanya klo susah hidup settingannya terlalu mundur bos
      Trus kalau ketinggian biasanya motornya bisa jalan mundur.
      Gitulah kira kira dri saya.
      Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan

      Delete
  14. ooh makasih infonya om..
    kalau boleh , mnta nmr hp ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuh gk punya om pin bb nya..
      ni nmr saya om 087879424344

      sms aja om..mohon maaf ya.

      Delete
  15. numpang tanya gan..perbedaanya enakkan mana pake platina or CDI...?
    soalnya ane pke vespa super jg, tp msh platina, klo mesin dingin susah hidupnya...mohon solusinya?Tanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua duanya da kelebihan dan kekurangan om
      kalo masalh mesin dingin susah hidup bs dari karbu terlalu kering/irit

      Delete
  16. bro'..mohon info nya,.
    kl pulser itu apa yah'..bentuk nya seperti apa, hrs di gulung sendiri atao beli di toko dan merk apa yg cocok utk vespa super as kecil,..
    bisa step by step penjelasannya, biar yg awam bs mengerti?...

    thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lebih ringkasnya..pulser adalah yg mengirim perintah ke cdi yg kemudian diteruskan ke coil untuk memeltikan api busi.

      Delete
    2. Bang edi minta nomer Wa nya dong?? Bang edi punya bengkek vespa?

      Delete
  17. Vespaku emang udah cdi tp apinya nggak nyampai ke busi gimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba satu" om..brawal dari spul cdi keluar listrik atau ngga lanjut ke cdi trus ke koil

      Delete
  18. Wow super sekali informasinya . keren mas . kalo menurut mas cdi paling enak pake cdi apa ya mas ?

    ReplyDelete
  19. mau tanya dong bang, itu masang cdi nya buat dudukan lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya apanya om..spul,pulser ato cdi

      Delete
    2. masang CDI yang deket shok dibikin dudukan baru?

      Delete
    3. oh..ia om itu cuma ditambah lubang aja 1 buat baut..karna itu pake cdi f1

      Delete
  20. maaf om kalo npasang pulsher begitu jatohnya merusak krengkes/krengkes menjadi cacat, jadi lebih baik krengkesnya yang buat dudukan cdi bawahnya dibor kearah kipas dan tinggal dibaut 8 aja
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia om..tergantung selera masing" aja :-),kalo buat saya itu ga cacat malah mempermudah saya buat setting pickup untuk pergantian cdi yg lain

      Delete
  21. Om edi mau taya donk.. Pasang pulser y di luar kipas apah di dalem kipas lebih bagus mana?? Cara rangkay kabel y gmn om ?

    ReplyDelete
  22. OM mau naya nee, vespa aq PX 150 massi.platina tp d.robah menjadi SDI tp.mslahnx smpai.skrang,, kalu motor udah panas lanhsung mati sendri seperti minyak habiss., it ap mslahnx.tolong donk

    ReplyDelete
  23. misi om numpang tanya vespa saya sprint 72 , saya ganti sistem pengapianya ke cdi trs spul uda saya gulungkan cdi ud ready cdi RC. trs langkah apa saja yg perlu saya siapkan lagi om , mohon saran dan masukanya , makasi salam mesin kanan dari SURABAYA.

    ReplyDelete
  24. Kang saya punya vespa sprint mau mengubah pengapian dari platina ke cdi vespa excel gimana ,,,,,tolong info nya

    ReplyDelete
  25. Bang punya ane udah pake cdi grand tapi RPM atas malah turun si gimana ya mahnet udah ane ganti pake vega

    ReplyDelete
  26. Gan tebal plat buat strip pulsernya brapa?

    ReplyDelete
  27. Memasang cdi rxk di vespa excel tanpa mengganti pulser baru punya rxk bisa gak gan?? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  28. Mas mau nanya kalo pakek cdi rc 100 efek ny gimana ya mas

    ReplyDelete
  29. Mas kalo tahanan spul cuma 300 gmn?

    ReplyDelete
  30. Kalo dari spul platina dirubah pake pulser , tapi pulsernya punya vega r lama gimana tuh , dinatas kipas bisa gak di pasangnya ????

    ReplyDelete
  31. Om ukuran kwat email ny brp... Klo untuk cdi rc

    ReplyDelete
  32. Malem om....
    Om..kalau di upgrade paket CDI + pulser RX king...
    Magnet nya paket bawaan std Vespa...apakah pengaruh terhadap api yg keluar menuju busi...
    Bila apinya keluar kecil...
    Saya udahcoba upgrade spulll api nya,tapi masih kecil strum kluar nya...
    Mohon pencerahan nya...?
    Terima...kasih.

    ReplyDelete