Kamis, 10 Februari 2011

CDI buat vespa

Aplikasi CDI buat Vespa super 1976

Bermula iseng-iseng pelajarin cara kerja CDI,soalnya gw punya vespa super taun 76..tau sendiri deh pengapiannya masih platina..,,pengen rubah pake CDI vespa taun muda..nanya-nanya m juragan harganya mahal bangat bro n banyak perangkat yang diganti.

Akhirnya gw kepikiran gimana caranya pake perangkat CDI jepang aja (motor jepang maksudnya.. ) tapi ga banyak yang diganti n gak mahal.gw mulai deh experimen..itung-itung belajar.

Pertama dimulai mau pake cdi apa..??lansung kepikiran deh pake CDI RX bis dah obsesi bangat biyar larinya kayak RX king.. hahaha..

Yang dibutuhin suplay dulu donk yang pasti,, alias spul CDI..gimana caranya??

Namanya mau ngirit gw made in sendiri aja deh.. ,langsung aja keren spul platina gw rombak gulungannya gw copotin trus kerennya gw kurangin jadi 4 lembar aja.biyar gak bingung ngitungin berapa gulungan buat spul CDI n berapa ukuran kawatnya gw pake kawat spul CDI vespa PX aja yang gw hijrahin kekeren vespa super..gw saranin kalo buat agan-agan yang mau nyoba minta tulung tukang gulung spul aja buat gulung spul CDInya.

Sekarang tinggal pulsernya deh.., gw pake pulser punya Rxking yang gw taro persis di samping spul CDI tempat platina asal.


Tinggal pasang semuanya, kabel CDI Rxking menurut jalurnya

Lumayan gan dah gw coba dijalan n dah buat turing kemana-mana gak masalah

Tapi namanya manusia masih aja kurang..hehehe..ujungnya masih kurang dapet..n busi ga mau renggang.

Gw kepikiran lagi gimana kalo gw pake CDI yamaha F1Z soalnya gw baru dapet CDI F1Z dilapakan lumayan murah gan..hehe .lagi-lagi ngirit.

Kali ni gw pake pulser luar alias masangnya diluar magnet,ga kayak pulser Rxking yang masangnya didalem magnet.

Gw pake pulser karisma karena adanya cuma itu hehe..itu juga dapet sumbangan dari sob..

Pulser karisma gw pasang pake breket yang gw tempel dibaut dudukan coil menghadap keluar..krangkas terpaksa dicoak buat tempat pulser.

Magnet perlu sedikit dipermak sob..bibir magnet gw bubut kira -+4x15mm buat dudukan pickup.

pickupnya gw bikin dari plat strip panjangnya kira-kira 57,5mm yang gw tempel di bibir magnet yang gw bubut td pake baut 8mm,yang kuat ya bro kalo perlu campur lem sekalian biar ga lepas waktu digeber.

wah-wah dah mulai serius neh..lanjut..

Spul CDInya tetep gw pake yang pertama, buat awal titiknya gw bikin 5derajat dulu sebelum TMA biar gak nendang waktu diselah. selanjutnya tinggal setting aja gimana enaknya sob, gw saranin dikit-dikit nambahinnya.biyar betis ga bengkak kena sela hehe..


Lumayan enak bro tarikannya lebih enteng,busi juga dah mau renggang n lincah dijalan..idupnya juga tokcer...

Gw dah coba juga pake CDI Rxking ternyata ga ngurangin rasa masih tetep enak..maknyus..hehehe

31 komentar:

  1. gan pas pake pulser rx-king pickup y dimana yak???

    thanks sebelumnya

    ;D

    BalasHapus
  2. coba pake cdi rc bro......
    murah meriah... ga perlu pulser... api gede...
    praktis...hehe

    BalasHapus
  3. @dedi spm..kalo pake pulser rxking ga perlu pikup gan tinggal taruh aja pas didudukan platina
    @arwan dah pernah coba bro..apinya ngacak susah diatur..tanx..

    BalasHapus
  4. vespa px ane baru aja di konversi dari platina ke CDI tapi hasilnya ga memuaskan seperti apa yg digambarkan orang lain tentang CDI,... mesin ane terasa "brebet" jalannya, apalagi pada setiap tarikan awal setelah pindah gigi, apa solusi untuk masalah ini...

    thx info segarnya bozz..

    BalasHapus
  5. halo kang edi , aku pingin nyoba knalpotnya dong , klo bikin kena biaya brp yah ?
    apakah ada no hp yang bisa di hubungi ?
    terima kasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf om knalpot nempel di motor :-) saya cuma modif knalpot racing biasa di tukang knalpot om

      Hapus
  6. lilitan nya buat CDI pake berapa mili kabel email nya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk lebih mudahnya minta jasa tukang gulung spul yang biasa gulung spul untuk cdi motor

      Hapus
  7. merubah vespa jadi pengapian DC bisa ngga yah???

    BalasHapus
  8. Kang,kalo CDI vespa di ganti sma CDI shogun kebo bsa gak sie ?? or ngga gambaran nya gini deh,Cdi vespa bsa dganti ngga sma CDI" mtor lain ??
    mohon info nya,coz sya msih pemula..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bisa aja,asal ukuran pickupnya disesuikan dengan standar cdi shogun kebo..lebih simple aplikasi magnet standar shogun kebo

      Hapus
    2. Tolong di share caranya, punya vespa pake cdi rx king mau saya ganti pake cdi shogun yg DC

      Hapus
    3. sama persis om ma yg saya terapin pake pulser luar tinggal sesuain pickupnya dengan cdi sogun

      Hapus
  9. bro dulu saya sempet ganti di PX tapi efek nya Spul nya kebakar terus, itu kenapa ya?

    BalasHapus
  10. Posisi dimane bro edi? mao minta ilmunye nih sambil ngopi ngopi hehehe. kalo bisa si minta nomer hp ->farhan.majied@yahoo.com
    thanks

    BalasHapus
  11. posisi saya deket ui depok om..mau ngopi bareng silahkan om..saya cuma user yg kebetulan punya vespa..tau cuma sekedarnya aja :-)

    BalasHapus
  12. Maaf om..ikut nimbrung..saya udah aplikasi CDI tambah Pulser Rx-King..
    mesin mau hidup..tapi di tarik gas dia gak mau..malah mmmbbebebbb..
    apanya ya om..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bs dari kabel + spul pengapiannya kebalik om

      Hapus
  13. ooh makasih infonya om..
    kalau boleh , mnta nmr hp ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduuh gk punya om pin bb nya..
      ni nmr saya om 087879424344

      sms aja om..mohon maaf ya.

      Hapus
  14. numpang tanya gan..perbedaanya enakkan mana pake platina or CDI...?
    soalnya ane pke vespa super jg, tp msh platina, klo mesin dingin susah hidupnya...mohon solusinya?Tanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua duanya da kelebihan dan kekurangan om
      kalo masalh mesin dingin susah hidup bs dari karbu terlalu kering/irit

      Hapus
  15. bro'..mohon info nya,.
    kl pulser itu apa yah'..bentuk nya seperti apa, hrs di gulung sendiri atao beli di toko dan merk apa yg cocok utk vespa super as kecil,..
    bisa step by step penjelasannya, biar yg awam bs mengerti?...

    thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk lebih ringkasnya..pulser adalah yg mengirim perintah ke cdi yg kemudian diteruskan ke coil untuk memeltikan api busi.

      Hapus